26 Juni 2016

Kupas Tuntas Remi

Belajar matematika tidaklah sulit. Saat kita menemukan suatu angka atau bilangan, itu bisa disebut dengan matematika. Angka atau bilangan ini salah satunya bisa kita temukan pada kartu Bridge atau biasa kita sebut dengan karu Remi.

Hampir tidak ada negara didunia yang tidak mengenal apa itu angka atau bilangan. Semuanya mengetahui bahwa angka atau bilangan itu 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, dan 0. Nah di sini saya akan mengupas semua tentang kartu remi atau bridge itu.

Apa itu kartu remi atau kartu bridge? Apa keunikan kartu tersebut? Kenapa di kartu remi atau kartu bridge ini tidak ada angka 1? Kenapa angka 1 itu terdapat pada As? Lalu kenapa yang bernilai besar itu pada kartu J, Q, K? Kenapa J, Q, K itu gambarnya berbentuk seorang raja?

Kartu remi atau kartu bridge adalah sekumpulan kartu seukuran tangan yang digunakan untuk permainan kartu. Kartu ini sering digunakan untuk hal-hal lain, seperti sulap, pembuatan rumah kartu. Kata “remi” itu sendiri sebenarnya adalah nama salah satu permainan kartu (bridge) yang biasanya permainan ini harus dimainkan oleh 4 orang (biasanya berpasangan).

Bridge ini telah menjadi salah satu nomor andalan bagi tim Indonesia dalam dunia olahraga untuk meraih kemenangan dalam suatu turnamen bridge Indonesia.

Kita tahu bahwa dalam satu pak kartu remi atau kartu bridge ini terdapat 52 lembar. Dibagi menjadi 4 suit atau jenis kartu (Spade, Heart, Diamond, Club), masing-masing terdiri dari 13 kartu (dari As, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, J, Q, K). Ditambah dua kartu joker hitam dan merah.
 
Kapan dan Siapa penemu kartu remi? Jawabannya tidak diketahui secara pasti. Diduga embrionya berasal dari daratan Cina atau Hindustan (India) sekitar tahun 800. Bagaimana ceritanya bisa sampai masuk ke Eropa? Jawabannya pun samar-samar. Mungkin dibawa oleh para pedagang, tentara, atau suku-suku nomaden. Permainan kartu ini entah datang dari Timur, Mesir, atau Arab. Muncul di Italia 
kira-kira akhir tahun 1200-an. Setelah itu menyebar ke Jerman, Perancis, dan Spanyol.
 
Kartu remi atau kartu bridge ini sebenarnya mempunyai keunikan, di sini saya akan menjelaskan mengenai fenomena atau keunikan tentang kartu :
  • Kartu remi ini terdapat 52 lembar, kenapa 52? Karena jumlah minggu dalam satu tahun adalah 52 dan setiap kartu mewakili satu minggu.
  • 52 (5+2) = 7 itu sama dengan 7 hari dalam satu minggu.
  • Karena dari Inggris yang notabene 4 musim, jadi kartunya mempunyai 4 jenis/gambar :
  1. Spade ?  mewakili musim dingin.
  2.  Heart ?  mewakili musim gugur.
  3. Diamond ? mewakili musim semi.
  4. Club ? mewakili musim panas.
  • Dari setiap jenis kartu remi juga melambangkan 4 pilar yang utama di zaman Middle Ages.
  1. Spade ?  melambangkan sebagai militer.
  2. Heart ?  melambangkan sebagai gereja.
  3. Diamond ? melambangkan sebagai kelas pedagang.
  4. Club ? melambangkan sebagai Aglikultur.
  • Dalam satu jenis terdapat 13 kartu (dari As s/d King) 13 adalah jumlah minggu dalam satu musim.
  • 13 (1+3) = 4 itu sama dengan jumlah musim dalam satu tahun = 4 penjuru mata angin (Barat, Timur, Utara, Selatan).
  • Warna merah melambangkan Siang dan warna Hitam melambangkan Malam.
  • Kalau angka kartu dalam satu jenis di jumlahkan semua (As = 1, Jack=11, Queen=12 dan King=13), maka jumlah totalnya adalah 364. Sama dengan jumlah hari dalam satu tahun, ditambah 1 Joker, menjadi 365 hari itu menjadi tahun kabisat.
Cara penjumlahannya :
1 + 2 + 3 + 4 + 5 + 6 + 7 + 8 + 9 + 10 + 11 + 12 + 13 = 91.
Lalu 91 . 4 = 364.
Agar menjadi tahun kabisat tinggal menjumlahkan 364 + 1 = 365.

Jumlah huruf dari nama-nama kartu yang ada satu deck Anda hitung, baik dalam bahasa Inggris, Belanda, Jerman ataupun Perancis, maka jumlahnya adalah 52. Sama seperti jumlah minggu dalam 1 tahun.

Bahasa Inggris:
Ace, two, three, four, five, six, seven, eight, nine, ten, Jack, Queen, King.

Bahasa Belanda:
Aas, twee, drie ,vier, vijf zes ,seven ,acht, negen, tien, Boer, Vrouw, Heer.
 
Bahasa Jerman:
As, zwei, drei, fünf, sechs, sieben, acht, neun, zehn, Bube, Dame, König.
 
Bahasa Perancis:
As, deux, trois, quatre, cing, six, sept, huit, neuf, dix Valet, Reine, Roi.
 
Kenapa dalam kartu Remi terdapat Jack, Queen, King, dan As? Para ahli sejarah menduga, kartu Remi adalah hasil evolusi atau perkembangan dari permainan catur yang dimainkan oleh penggembala di Asia Barat. Kartu Remi yang umumnya kita gunakan saat ini adalah kartu remi Inggris. Oleh karena itu kita mengenal nama-nama dalam kartu remi seperti Jack, Queen, King, dan As. Inggris dulunya merupakan sebuah kerajaan sehingga apabila kita cocokkan antara nama-nama dalam kartu remi dengan segi kerajaan maka :
  1. Jack (J) layaknya pangeran atau penasihat kerajaan, hal ini berarti kartu Jack (J) berada di bawah King (K) atau Queen (Q).
  2. Queen (Q) adalah ratu, bahwa di suatu kerajaan ratu adalah pendamping raja/king. Hal ini berarti Queen (Q) berada satu level di bawah kartu King (K).
  3. King (K) pada kartu remi adalah raja, bahwa raja adalah pemegang jabatan atau kekuasaan tertinggi di suatu kerajaan.
  4. Sementara kartu As (A) seperti kesatria andalan suatu kerajaan, seseorang yang dapat membawa kerajaan tersebut mencapai puncak kejayaannya. Seperti Gajah Mada pada kerajaan Majapahit.
Ada pula misteri lain dalam kartu remi ini, seperti :
  1. King Hati satu-satunya King yang tidak mempunyai kumis.
  2. King Hati juga mengarahkan pedangnya ke arah kepalanya sendiri, oleh karena itu King Hati selalu disebut “The Suicide King”.
  3. King Diamond hanya terlihat satu sisi muka, bahwa king-king lainnya terlihat dua sisi muka.
  4. Queen Spade melihat ke arah kanan, dan Queen-Queen lainnya melihat ke arah kiri.
  5. Queen Spade satu-satunya Queen yang memegang tongkat dan bunga, bahwa Queen-Queen lainnya memegang bunga.
Kartu remi atau kartu bridge adalah sekumpulan kartu seukuran tangan yang digunakan untuk permainan kartu. Kata “remi” itu sendiri sebenarnya adalah nama salah satu permainan kartu (bridge) yang biasanya permainan ini harus dimainkan oleh 4 orang (biasanya berpasangan). Kartu remi atau kartu bridge ini sebenarnya mempunyai banyak keunikan, dan lain sebagainya sesuai dengan yang telah di paparkan di atas.
 
Kartu remi atau kartu bridge ini mempunyai kaitan dengan matematika, selain terdapat angka atau suatu bilangan, kartu remi ini juga mempunyai kaitan dengan matematika yang salah satunya adalah terdapat penjumlahan pada tiap-tiap kartu, contohnya seperti pada keunikan ini “Kalau angka kartu dalam satu jenis di jumlahkan semua (As = 1, Jack = 11, Queen = 12 dan King = 13), maka jumlah totalnya adalah 364. Sama dengan jumlah hari dalam satu tahun, ditambah 1 Joker, menjadi 365 hari itu menjadi tahun kabisat. Cara penjumlahannya :
1 + 2 + 3 + 4 + 5 + 6 + 7 + 8 + 9 + 10 + 11 + 12 + 13 = 91.
Lalu 91 . 4 = 364.
Agar menjadi tahun kabisat tinggal menjumlahkan 364 + 1 = 365”.
 
Kita harus mengenal dan mengetahui tentang bagaimana keseruan tentang kartu remi atau bridge ini, karena selain dapat dimainkan sebagai permainan kartu, juga pada kartu ini terdapat berbagai keunikannya.
 
Penulis berharap, agar mahasiswa yang melihat atau membaca esai ini dapat memperbaiki serta dapat mengkaji lebih baik dari esai ini.

Dikirim Oleh : Siti Rohimah
Sitirohimah926@gmail.com
 
DAFTAR PUSTAKA
http://blogbarengkita.blogspot.co.id/2012/-01/sejarah-kartu-remi-misteri-
    dan.html
http://szumszum.blogspot.com/2014/01/kartu-remi.html?m=1



2 komentar

DaduDomino.com

Situs BandarQ 6 Game 1 ID
Minimal Dp 20rb
Minimal Wd 50rb

Bonus Turnover dibagikan Setiap Hari dan Bonus Refferal Terbesar

Menang Hanya di DaduPoker

Info Lebih Lanjut goo.gl/PpRXxc

BBM : 2BE2B4B7

FloMath: Inspiring of Mathematic
EmoticonEmoticon